Dewasa ini banyak orang mencari cara-cara untuk merekayasa tingkah laku ke arah tingkah laku positif dalam upaya pendidikan. Biar pun dalam memahami dan mempelajari rekayasa tingkah laku manusia adalah suatu upaya yang tidak mudah, karena setiap individu (manusia) mempunyai sifat-sifat yang kompleks dan unik serta mempunyai kecenderungan-kecenderungan dalam pola-pola "probabilitas" kepribadian dan tingkah laku tertentu.
Salah satu studi yang penting dalam pendidikan adalah perubahan tingkah laku kearah positif pada tingkah laku manusia. Sehubungan dengan itu studi hipnotisme pendidikan dipandang penting karena perannya berkenaan dalam rekayasa perubahan tingkah laku, terapi tingkah laku, dan aplikasi-aplikasi sistem sibernetik pada manusia. Dalam tulisan ini pembaca diharapkan mampu mempelajari (mempraktekkan) rekayasa perubahan tingkah laku melalui hipnotisme pendidikan dan bela diri terutama dari sugesti negatif /psikis serta seluk-beluk mengenai hipnotisme pendidikan itu sendiri untuk mencapai keberhasilan prestasi belajar dan karier.
Penulis juga berinspirasi dalam menulis buku ini berdasarkan apa yang telah ditulis oleh Heinich, Molenda, dan Russell dalam buku mereka yang berjudul Instructional Media and The New Technologies of Instructional pada chapter 14 tentang "Psychological technology: Using Altered States of Consciousness" yang antara lain berisi "Suggestive accelelerative learning and teaching", tentunya berkenaan dengan hipnotisme pendidikan yang akan dibahas dalam buku ini.
Buku yang bersifat pemula ini sasaranya tidak hanya dikalangan pelajar, mahasiswa, pengajar, instruktur, praktisi psikologi, konselor, praktisi pendidikan, dan juru hipnotis. Tetapi juga bagi siapa saja (masyarakat umum baik berkecimpung dalam bisnis, pemasaran, medis, mau pun industri) yang menaruh minat dalam upaya rekayasa perubahan tingkah laku, bela diri dari serangan psikis, menyesuaikan diri dengan berbagai kepribadian, tugas yang cocok untuk kepribadian tertentu, pembentukan tipe kepribadian baru, terutama program perbaikan tingkah laku ke arah positif serta berfungsi dalam sistem sosial dan banyak lainnya yang diuraikan dalam buku ini. Karena kita harus mengingat pendidikan berjalan seumur hidup untuk mencapai keberhasilan mau pun prestasi.
Teristimewa, membuka wawasan Anda tentang jenis kecerdasan intra-personal yang mungkin masih asing bagi Anda. Akan diuraikan dalam buku ini pada bab terakhir tentang teknik belajar optimum, ilmu (metode belajar) lindunni, dan teknik untuk berkomunikasi dengan bentuk-bentuk kesadaran lainnya yang ada di alam semesta ini untuk membantu membuat keputusan dan memecahkan masalah-masalah yang Anda hadapi. Walau pun ini masuk pada dimensi metafisik, bukan berarti berbau klenik atau mistik, sebab diuraikan secara ilmiah dan praktis untuk Anda latih agar mendapatkan manfaatnya.
Mudah-mudahan buku ini yang mengandung tiga hal yang esensial, yaitu metode belajar, psikologi, dan rekayasa tingkah laku (perilaku) dengan hipnotisme (meditasi tenaga psikis/dalam). Tiga hal yang esensial ini akan bermafaat bagi para pendidik, pengajar, psikolog, dan masyarakat luas. Dan kepada penerbit serta pihak-pihak lain yang telah membantu terselenggaranya penerbitan buku ini, juga kepada siapa saja yang memberi masukkan berharga baik berupa saran-saran maupun kritik-kritik demi perbaikan buku ini, penulis ucapkan banyak terima kasih.
Surabaya, September 1998
Penulis
Mochammad Hidayatullah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar